Kamis, 18 Juni 2015

2 #KULBLOG RD : Apa itu reksadana? Bagaimana reksadana bekerja?

dr. Pradipta Suarsyaf, CH, CHt
Saya tak perlu menjelaskan secara definitif apa itu reksadana, kalian sudah lebih pintar karena semua tersedia tinggal googling saja. Saya disini hanya akan menceritakan reksadana menurut saya dan bagaimana ia bekerja.

Reksadana merupakan sebuah alat bagi kita yang tak bisa menyentuh daerah jual beli saham yang diperdagangkan di pasar modal (hehe...bener ga tuh?), untuk bisa bermain diarea tersebut. Jadi kita secara tidak langsung bermain di ranah pasar modal yg biasa dimainkan oleh para broker. Reksadana semacam tabungan bagi kita yang mana uang kita akan digunakan aka dimainkan oleh orang yang bisa main disana, dialah Manager Investasi (MI).

Kita sebagai penabung punya nama istimewa disini. Kita sebagai orang yang menaruh uang utk dipakai oleh Manager Investasi disapa sebagai INVESTOR (keren toh? haha...). Nah, kita sebagai investor memilih MI yang menurut kita profesional dan terpercaya. Cukup banyak website investasi yang menyediakan data Top Manager Investasi yang bisa kita jadikan acuan untuk memilih MI terbaik. Ya kalo mau tenang kita percayakan uang kita ke Manager yang baik dan punya track record yang bagus toh.

Nah, setelah kita punya pegangan MI mana saja yang akan kita percayakan mengelola uang kita. Maka kita akan berkenalan dengan produk reksadana. Produk Reksadana adalah 'sesuatu' yang dikelola oleh Manager Investasi yang diklasifikasikan berdasarkan jenis investasinya apakah dia RS Saham, RD PU, RS PT, RD Campuran) ...apa pula itu? Yaaa skip aja dulu ya bagian jenis2 ini, nice to know dulu aja..

Lanjut, satu produk reksadana yang dikelola oleh MI ini memuat beberapa investasi di berbagai perusahaan, jadi secara gak langsung kita macam punya saham di sebuah perusahaan yang diwakili oleh investasi yang dilakukan MI yg kita percayakan tsb. Entah berapa persen saham kita disana itu dikelola oleh MI.

Contoh, PT. Astra Internasional menjual saham perusahaannya di pasar modal (jiaaah gw sok tau bgt ya....koreksi ya klo ada yg salah) dan itu dibeli oleh MI kita dari duit investasi yang kita berikan yg tentu akumulasi dana dari banyak sekali investor. Dan pembelian saham ini gak hanya satu perusahaan saja dalam satu produk reksadana tsb, jadi bisa banyak.

So, kalo kita misalkan investasi di produk reksadana Ciptadana Syariah Equity (jenis RD Saham Syariah) disana kita bisa lihat kalo produk ini membelanjakan duit investor sekian persen di PT ini, sekian persen di PT itu, dan sekian persen di PT anu.

Hehehehe....mulai tertarik dengan Reksadana?
Sekian dulu nanti saya lanjutkan ya....


Share/Bookmark

1 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial