Rabu, 07 Agustus 2013

Meraih Beasiswa (1) : Belajar dari Penerima Beasiswa

Demi merealisasikan dan memupuk semangat meraih beasiswa saya berupaya menambah pengetahuan saya mengenai beasiswa dari pengalaman-pengalaman para penerima beasiswa. Saya beruntung bisa terdampar di website binaannya Pak Tony Dwi Susanto, Ph.D, www.motivasibeasiswa.org dan groupnya di facebook. Dari kedua sumber itulah saya memupuk semangat mengejar mimpi saya untuk mendapatkan beasiswa.

Dari www.motivasibeasiswa.org saya membeli paket buku seri motivasi beasiswa 2 in 1 : Kumpulan Inspiratif Meraih Beasiswa & Step by Step Sukses Meraih Beasiswa. Respon cepat dan langsung ditanggapi, saya jadi semakin semangat. Sesampainya buku saya langsung membaca kedua buku ini dalam dua hari khatam. Kali ini saya akan menuturkan kesan saya mengenai buku pertama.



Saya mengawali dengan membaca buku kisah inspiratif dari para penerima beasiswa. Saya pikir ini adalah langkah yang paling baik, karena saya ingin mengetahui alasan banyak orang untuk meraih beasiswa dan bagaimana mereka bisa mencapai dan merengkuh beasiswa-beasiswa di dalam maupun luar negeri.

Poin yang saya dapatkan dari membaca buku pertama ini adalah :

1. Banyak jalan menuju roma, banyak jalan mencapai beasiswa. Saya merenungi hal ini dan mencoba merefleksikannya dengan pencapaian prestasi yang sampai saat ini saya rasakan. Benar! Allah selalu menggariskan takdirnya dengan keindahan yang manusia pun tak menyangka. Beberapa kali sebuah skenario yang saya susun 'seperti' akan berantakan tapi Allah alihkan skenario tersebut pada takdir yang lebih baik.

2. Pengalaman-pengalaman para penerima beasiswa sangat beragam dan unik. Kita bisa banyak mendapatkan masukan berharga dan mempelajari tips n trik yang akan sangat berguna dalam proses menggapai rezeki beasiswa kita.

3. Dari para penerima beasiswa yang ada dalam buku ini saya bisa mengambil ibroh bahwa siapapun tak ada yang mustahil untuk bisa mendapatkan nikmatnya rezeki beasiswa. Berbagai macam orang memiliki cerita sendiri-sendiri mengenai proses menggapai beasiswa. Banyak anak muda Indonesia yang masih kaku dan tak pede untuk melanjutkan studi dengan beasiswa ke dalam / luar negeri padahal dirinya memiliki segudang inovasi yang menunggu dikembangkan.

4. Dalam buku pertama ini beberapa penerima beasiswa memberikan contoh-contoh berkas yang penting seperti recommendation letter, reference letter, motivation letter, dan masih banyak lainnya.

5. Niat setiap penerima beasiswa berbeda-beda, hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi kita mengenai niat yang kita tambatkan dalam hati kita. Sehingga kita memiliki azzam yang kuat untuk mencapai rezeki beasiswa kita.

6. Semangat menggapai rezeki beasiswa! Ini yang terpenting dan menjadi kunci mengapa banyak penerima beasiswa berkali-kali gagap menggapai beasiswanya, bahkan ada yang sampai puluhan kali belum juga menggapai rezeki beasiswanya. Karena mereka memiliki niat dan semangat yang kuat sehingga mereka bisa bangkit ketika jatuh ditolak aplikasi beasiswanya. Kita tidak mengetahui rezeki beasiswa kita berada di aplikasi beasiswa keberapa, sehingga akan sangat sayang jika kita berhenti di tengah jalan, misal di usaha aplikasi kita yang ke-3. Mungkin saja Allah sebenarnya memberikan rezeki beasiswa kita di aplikasi beasiswa yang ke-4 tapi kita tidak melangkahkan kaki kesana dan akhirnya kita tak dapat beasiswa. Ketika kita gagal, dan kemudian berusaha mencoba lagi, bukankah peluangnya menjadi 50:50 mungkin gagal dan mungkin berhasil? Lalu mengapa kita tidak mengambil kesempatan 50 kemungkinan berhasil?

Yup, demikian beberapa poin yang bisa saya ambil dari buku super ini :) semoga banyak kawan yang terdampar di blog ini kemudian berkeinginan menggapai beasiswa untuk melanjutkan studinya. Hehehe...jadi pahalanya juga ngalir ke saya. Amin.

Pradipta Suarsyaf
Dokter Muda - Kepaniteraan Klinik Kesehatan Jiwa
RS Marzoeki Mahdi Bogor


Share/Bookmark

1 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial