Kamis, 30 Agustus 2012

Teruntuk Maba Pendidikan Dokter UIN Jakarta ...

Teruntuk mahasiswa baru pendidikan dokter tulisan ini saya sampaikan...

Sebuah dunia baru tengah kalian masuki. Dan sebuah amanah baru kalian emban. "Mahasiswa" demikianlah kini orang-orang akan memanggil kalian. Tak peduli dari mana asal kalian, kini semua tengah berubah. Secara bertahap kalian akan merasakannya. Yang sangat berasa adalah kini kalian tak diharuskan berseragam, yang penting bebas sopan maka kalian bisa kuliah. Namun, yang terpenting adalah perubahan yang ada dalam hati masing-masing kalian, bahwa kini kalian adalah mahasiswa dengan segala konsekuensinya.


Sebagai salah seorang kakak kelas kalian di pendidikan dokter UIN Jakarta, saya berpesan bahwa kini UIN tengah membangun kerajaan. Tengah berusaha menjadi salah satu kekuatan di bidang kesehatan Indonesia. Kalian bisa lihat bagaimana dalam jangka waktu tujuh tahun sejak didirikan pendidikan dokter UIN Jakarta mulai berkembang sangat pesat. Baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Kualitas pendidikan kami rasakan mulai makin membaik apalagi jika dikaitkan dengan sarana-prasarana yang kita ketahui FKIK kini menempati gedung baru.




Namun semua itu hanyalah pekerjaan kampus kita. Yang kini saya ingin sampaikan adalah bagaimana kita bisa berkontibusi menjadikan kedokteran UIN lebih maju dan lebih berkembang pesat. Saya ingin kalian segera kerahkan seluruh potensi kalian memajukan pendidikan dokter UIN Jakarta. Ingat masa kalian terbatas! Kalian hanya aktif di kampus 3,5 tahun, dan setelah itu kalian akan koass! Manfaatkan 3,5 tahun pre-klinik dengan berbuat hal yang baik dan bisa kalian banggakan.

Berfikir dan Bermimpi Besar

Terkadang ruang lingkup dan gerak seseorang bisa membatasi diri berkreasi dan berinovasi. Nah, kalian jangan batasi diri kalian hanya seputar Ciputat saja! Sungguh kalian bisa sangat berkembang jika kalian melihat lebih luas keluar adik-adiku. Bermimpilah dan wujudkan!

Perkembangan ilmu kedokteran sangat cepat dan kita bisa saja tertinggal jika kita tidak mendapat informasi yang cukup. Lalu dari mana informasi itu kita dapatkan? Ya, dari kawan-kawan kita di FK yang lain. Kalian harus punya jaringan kuat dengan kawan-kawan kalian sesama mahasiswa kedokteran Indonesia. Ceri tahu dan bergabunglah dengan organisasi-organisasi kedokteran di Indonesia seperti Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA).

Saya pernah ikut serta kegiatan Nasional ISMKI di Bandung. Saya terinspirasi dengan mahasiswa kedokteran lain yang menurut saya memiliki pemikiran yang hebat dan visioner mengenai perkembangan kesehatan Indonesia kedepan. Mereka memaparkan ide, opini dan juga yang paling penting solusi bagi permasalahan kesehatan Indonesia kedepan. Silakan simak partisipasi kakak disini.

Saya pernah ikut kegiatan yang melibatkan mahasiswa dari berbagai negara. Diskusi mengenai Dokter Muslim dengan kawan-kawan di Malaysia dan juga mengenai Kedokteran Nuklir di Jepang. Kakak kelas kalian, Maizan dan kawannya pernah ikut serta HNMUN di USA, juga ada kakak kelas angkatan pertama yang pernah menjabat Presiden CIMSA, Kak Haritsah. Beliau pernah ikut serta berbagai kegiatan Nasional dan Internasional (kala itu beliau pernah mewakili Indonesia di August Meeting @ UK). Kalian bisa dan mampu memperluas cakrawala pemikiran kalian dengan memperluas lingkaran kesejawatan kalian baik di ruang lingkup UIN, regional, Nasional, maupun Internasional.

Karena inilah saatnya...

Pernahkah kalian berfikir bahwa saat kalian mahasiswa begitu banyak kesempatan yang sebenarnya bisa kalian ambil. Mulai dari beasiswa, ikut berbagai macam seminar, uprading skill apapun itu, sampai kalian sangat mungkin untuk bisa melanjutkan kejenjang pendidikan lebih tinggi dengan modal otak!

Ingat pesan kakak! "Uang kalian saat menjadi mahasiswa ada dimana-mana!" maka manfaatkalah ia sebaik-baiknya. Percaya? Hanya bermodalkan proposal kalian bisa ikut serta kegiatan apapun. Aktiflah dalam berkegiatan dan ambil manfaat dari setiap kegiatan. 

Sebelum semua terlambat...

Ya, sebelum semua terlambat dan kalian akan memasuki dunia koass! Setidaknya berdasarkan pengalaman, dua tahun pertama adalah golden age bagi kalian. Berkreasilah dan buat UIN bangga dengan segala kontribusi positif yang kalian berikan. Apapun itu yang penting bisa membuat diri kalian bernilai.

Banyak orang yang akan berkata "Buat apa sih ikut-ikut kegiatan macam itu?" "alaah..menghabiskan waktu saja!" dan masih banyak cibiran lainnya. Tak usah dengarkan mereka, dan berfokuslah dengan apa yang kalian inginkan. (...ngutip perkataan Mario Teguh)

Harus seimbang...

Ingatlah pesan Al-Qur'an bahwa dalam segala hal kita tidak boleh berlebihan..maka seimbanglah. Tugas kita sebagai mahasiswa adalah belajar, maka tunaikanlah amanah tersebut. Apalagi yang dapat beasiswa, kalian punya tanggung jawab lebih! Tapi jangan batasi diri ini, beraktivitaslah dan kembangkan diri sebaik mungkin.

Demikian pesan ini saya untuk adik-adik PSPD 2012. Semoga bermanfaat!
Semoga kalian bisa jadi kebanggaan keluarga besar Pendidikan Dokter UIN Jakarta. Amin.
____________________________
Pradipta Suarsyaf, CH, CHt
Wakil Ketua BEM Pendidikan Dokter UIN Jakarta
PSPD 2009


Share/Bookmark

2 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial