Kamis, 26 Juli 2012

Edukasi Kesehatan (Modul IKK) : Indahnya Berbagi

Hari ini (26/7) kami kelompok 3 Modul Ilmu Kedokteran Komunitas mengadakan Penyuluhan Kesehatan di Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita di bilangan Ciputat. Selain tebar nikmatnya berkah ramadhan dengan berbagi buka puasa bersama anak yatim, misi utama kami memberikan penyuluhan kesehatan.
*) Kelompok 3 :
syukran, angga, saya, alvin, neneng, fida, retno, diana, adel, & resti


Haha..kelompok ini 'cukup sesuatu' dalam persiapan mengadakan penyuluhan ini. Dengan semangat 45 kelompok 3 menyusun strategi demi membahagiakan anak-anak yatim. Intinya kami ingin penyuluhan ini berarti buat kami dan juga mereka, tidak hanya sekedar menunaikan tugas modul IKK.


Setelah menyusun strategi penyuluhan, kami bergegas menyusun proposal. Tepat sehari sebelum kami sekelompok banyak (hmm...beberapa) yang 'berpulang' ke kampung halaman untuk puasa bersama keluarga di hari pertama Ramadhan, kami dibekali proposal. Targetnya adalah untuk minta restu dan dukungan dana dari orang tua masing-masing, haha...


Cukup efektif. Ketika senin kami berkumpul, dana bantuan mengalir deras. (maaf lebay..). Kemudian karena memang kami ada tim dana maka kami berusaha menawarkan pahala ramadhan ini kepada adek-adek kelas pspd (terimakasih untuk para donatur!), kepada dosen-dosen pspd (terimakasih untuk dr. Risah, dr. Nouval, dr. Devy, dan dokter-dokter lainnya..).  Alhmdulillah pada akhirnya terkumpul dana lebih dari cukup untuk mengadakan kegiatan ini.






Di hari-H, kami sudah siap bawa segala 'senjata' yang kami siapkan di rumah kawan, sebut saja kosan Neneng. Senjata nya : 2 buah LCD projector, 2 onggok laptop, 3 kabel rol, 1 ember es buah (haha..), se-gambreng makanan kotak, doorprize penyuluhan, parcel dan buku kesehayan buat yayasan, instrumen promosi kesehatan dan makanan laennya. Credit buat kerja keras tim konsumsi yg dipimpin mba Neneng.. Sekitar pukul 15.00 an kami berangkat menuju panti. Dan acara dimulai sekitar pukul 16.00an. Awalnya semua anak panti dikumpulkan dalam mushola untuk pembukaan acara, setelahnya peserta dipisahkan menjadi dua kelompok.


Materi penyuluhan yang kami sampaikan ada dua. Pertama, materi Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) untuk anak-anak SD dan sederajat (haha...) sebagai kelompok pertama. Kedua, materi Kesehatan Reproduksi (Kespro) untuk anak SMP keatas, dan sederajat sebagai kelompok kedua.






Penyuluhan berlangsung ramai dan seru! Penyampaian materi menjadi 2 kelompok di tempat yang berbeda sesuai tingkat pendidikan ini efektif membuat peserta fokus memperhatikan materi. Mungkin karena senasib sepenanggungan kali ya (hoho..)..jadi mereka aktif memperhatikan dan bertanya. Tak jarang pemateri di interupsi oleh bocah SD dan berakhir dengan pujian untuk mereka. "Iya betul adek...pinter ya.."






Setelah penyuluhan, kedua kelompok dikumpulkan di kantor yayasan. Sambil menunggu berbuka, Ustadz dari yayasan menyampaikan kultum sementara kami sibuk menyiapkan makanan berbuka dibantu dengan bapak-ibu pengurus yayasan.


Lanjut, kami pun berbuka dan dilanjutkan shalat maghrib jama'ah. Singkat cerita kami tutup acara ini dengan penyerahan berbagai titipan bingkisan dan makanan dari donatur pada pihak yayasan. Acara berlangsung lancar dan kami sangat bahagia saat itu.






Yup, itu saja. Sekedar sharing kegiatan di modul IKK. Indahnya berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan ^^


Berikut saya share materi penyuluhan kelompok 3 IKK pspd 2009 :
Penyuluhan Kesehatan Reproduksi


Share/Bookmark

2 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial