Rabu, 21 Maret 2012

M. Quraish Shihab : Lentera Hati

Bismillah...



Meski memang ini bukan buku yang baru bahkan mungkin teman2 banyak yang sudah pernah membacanya, tapi bagi yang belum membaca maka ini adalah salah satu buku yang direkomendasikan. Sedangkan bagi yang sudah membacanya, tidak rugi juga untuk membaca ulang beberapa poin-poinnya :)

Buku ini mengangkat tema-tema yang aplikatif untuk sehari-hari dan menggunakan bahasa yang sederhana akan tetapi membahas dengan padat dan cukup mendalam. Bagaimana tidak, karena sebetulnya buku ini berisi kumpulan tulisan-tulisan Bpk. Quraish Shihab di dalam rubrik pada suatu media cetak pada tahun 90an sehingga bayangkanlah membaca rubrik2 ringan tersebut tetapi ternyata padat akan Ilmu, insya Allah. 
Kita ambil contoh judul artikel pertama yang terdapat dalam buku ini: "Mulailah Segala Aktivitas dengan Mengucapkan Basmallah" . Awalnya saya mengira ini akan menjadi artikel biasa yang dengan biasa menceritakan bagaimana setiap aktivitas kita harus dimulai dengan Basmallah. Tapi memang Pak Quraish memiliki gaya bahasa dan penjelasannya sendiri yang begitu nyaman untuk dibaca. Mungkin karena pengalaman beliau yang sering mengajar y :) ..

Jadi dalam artikel ini, dijelaskan banyak hal mengenai Basmallah (padahal dibukunya berukuran kecil dan artikel ini hanya ditulis kurang dari 3 hlm). Ini ringkasan yang saya tangkap dari Artike tersebut... Pada pengucapan Basmallah ada bainya juga kita menghayati isinya tidak hanya tau artinya : "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih yang Maha Penyayang". Pada intinya, dalam Basmallah ini terkandung:

  • pernyataan bahwa kita memulainya atas nama (demi) Allah sehingga insya Allah dengan begitu kita sudah berniat untuk membentengi pekerjaan kita dari hal yang maksiat
  • permohonan pertolongan kepada Allah dalam hal yang akan kita jalani. Dalam hal ini manusia akan menyadari kelemahannya dihadapan Allah, akan tetapi di sisi lain juga merasa dikuatkan dengan pertolongan dari-Nya
  • serta tentunya Al-Rahman dan Al-Rahim.. Semoga dengan penghayatan basmallah ini maka pekerjaan kita diwarnai dengan penuh curahan rahmat dan kasih sayang bagi banyak orang/lingkungan sekitar.

Ini baru satu contohnya ^-^ .. masih banyak lagi yang masih bisa dibaca. Selamat menikmati bukunya :)

Guest Blogger : Husnita Thamrin


Share/Bookmark

2 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial