Minggu, 04 Maret 2012

Kilas Buku : 99 Cahaya di Langit Eropa

Pada akhirnya saya memang harus menulis, jiah kayak udah ditakdirkan untuk jadi penulis aja" (aamin..). Oke, ini saya mau cerita buku bagus karya anaknya Pak Amien Rais, Mantan Ketua MPR, namanya Hanun Salsabiela Rais. Judul bukunya 99 Cahaya di Langit Eropa.


Hmm..sebuah buku yang menceritakan tentang perjalanan penulis keliling Eropa. Bukan keliling Eropa biasa, namun Hanun ingin menelusuri jejak-jejak Islam di negara-negara Eropa. Wah, suatu mimpi saya keliling dunia dan bisa mempelajari ciptaan Allah di belahan dunia yang lain makin menggebu-gebu untuk segera direalisasikan setelah baca buku ini! "" sabar mas...jadi dokter dulu sono!

Ok, jadi dalam buku ini Saya menemukan fakta-fakta mengejutkan mengenai peninggalan-peninggalan Islam di negara-negara Eropa. Ternyata alangkah banyak dan menakjubkannya kejayaan Islam kala itu. Islam benar-benar menjadikan wilayah eropa menjadi wilayah yang sejahtera dan makmur, sampai dengan berakhirnya kerajaan kerajaan Islam.



Terceritakan dalam buku ini Hanun berkeliling Eropa...mengelilingi Wina, Paris-Prancis, Cordoba & Granada - Spanyol, dan Istanbul - Turki. Disana dia menjelajah mencari sisa-sisa nilai kejayaan Islam. 


Viegre a l'enfant
Salah satu yang menarik adalah fakta dari salah satu lukisan di Museum Louvre, Denon Wing berjudul "Viegre a l'enfant - The Virgin and the Child : Ugolino di Nerio 1315-1320", berlukiskan Bunda Maria dan bayi Yesus, mengandung nilai Islam.

Jika kita perhatikan dengan seksama, di hijab yang dipakai oleh Bunda Maria terdapat inskripsi Arab.  Tulisan arab pseudo-kufic yang pada zamannya biasa dibuat oleh non-muslim yang mencoba meniru inskripsi Arab.

Yang menarik adalah apa yang tertulis di hijabnya! Tulisannya terbaca "La ilaa ha illallah" !



Hmm...sesuatu yang menarik! Jadi misteri ini sedikit terungkap dengan sebuah dugaan bahwa pada zamannya, sekitar abad ke 12, dimana peradaban Islam sedang sangat maju, mobilitas antar manusia begitu besar. Saat itu para raja2 di Eropa banyak membawa hasil karya tekstil dan tenun  dari orang-orang Timur Tengah. Nah, setiap karya nya tak pernah lepas dari "La ilaa ha illallah" yang beranggapan kata ini merupakan kata mutiara favorit kala itu. Sehingga secara masif tulisan ini menghiasi berbagai busana hingga kerudung yang dipakai perempuan-perempuan Eropa. Maka tak heran jika pelukis non-Islam yang melukis lukisan diatas tak mengerti apa yang ia lukis, padahal dia melukis "La ilaa ha illallah" :) 

Ada fakta menarik lagi bahwa Napoleon Bonaparte membangun bangunan-bangunan monumental di Paris, sebut saja : La Defense, Arc du Triomphe de l'Etoile, Champ Elysees, Obelisk, Arc du Triomphe du Carrousel, dan Louvre dalam satu jalan panjang bernama  Axe historique yang jika di tarik garis lurus akan tepat menghadap ke arah kiblat umat Islam saat ini yaitu Ka'bah-Mekah!

La Defense
Arc du Triomphe de l'Etoile
Obelisk
Arc du Triomphe du Carrousel, dan Louvre


klik gambar ! untuk melihat Axe historique ke arah Mekah - Kabah :)

Setelah menemukan fakta itu, terlintaskah dalam benak kalau Napoleon Bonaparte adalah seorang muslim? nah loh... amin, semoga saja. Yang pasti Francois Menou, Jenderal kepercayaan Napoleon, bersyahadat setelah kembali dari Mesir. Hmm..terlintas lagi kah dalam benak, apakah ia yang terpercaya itu memberi nasehat pada atasannya? hehe...wah, sudah..sudah..yang penting kita tahu kalau Napoleon pada suatu masa telah memberi ruang yang lebar bagi nilai-nilai Islam, baik untuk negara maupun dirinya sendiri :)

Menarik bukan? Recommended book! Baca dan pergilah ke Eropa :)

Oya, diawal buku ini ada kata-kata dari Ali bin Abi Thalib ra yang sangat memotivasi :

"Wahai anakku! Dunia ini bagaikan samudra tempat banyak ciptaan-ciptaan-Nya yang tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan ketakutanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. Kembangkanlah keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nahkoda perjalananmu; dan kesabaran sebagai jangkar dalam setiap badai cobaan"


Reference :Salsabiela Rais, Hanum. 2011. 99 Cahaya di Langit Eropa. Jakarta : Gramedia
Axe historique, available at URL : http://en.wikipedia.org/wiki/Axe_historique


Share/Bookmark

3 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial