Sabtu, 18 Februari 2012

Lebih Dekat Dengan Imam Syafi'i (Part 1)

Sebuah kenyataan bahwa sebagian besar umat Islam Indonesia mengaku bermazhab Imam Syafi'i. Jadi sudah sepatutnya kalau kaum muslimin di Indonesia perlu mengenal Imam Syafi'i.


Nama...
Muhammad bin Idris bin Al-Abbas bin Utsman bin Syafi'i bin Ubaid bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Al-Muttalib (ayah Abdul Muttalib kakek Rasulullah) bin Abdi Manaf. Dalam bahasa arab :  محمد بن إدريس الشافعي 

Imam Syafi'i bertemu nasabnya dengan Rasulullah pada Abdi Manaf. Imam Syafi'i bergelar nashirul hadits (pembela hadits), karena kegigihannya dalam membela hadits dan komitmennya untuk mengikuti sunnah Nabi.




Kelahiran...
Imam Baihaqi menyebutkan, "Imam Syafi'i dilahirkan di kota Gaza, Palestina, lebih tepatnya di kota Asqalan, kemudian dibawa ke Mekkah. Ibnu Hajar menambahkan, "Ketika berusia dua tahun ibunya membawanya ke Hijaz dan hidup bersama orang-orang keturunan Yaman karena ibunya dari suku Azdiyah. Diusia 10 tahun, Imam Syafi'i dibawa ke Mekkah karena khawatir nasabnya yang mulia akan lenyap".


Perjalanan menuntut ilmu...
Pada usia tujuh tahun, Imam Syafi'i sudah hafal Al-Qur'an. Usia 10 tahun sudah hafal Al-Muwaththa' karya Imam Malik. Imam Syafi'i juga banyak menghafal syair-syair Hudzail. Melihat prestasi tersebut, pada usia 15 tahun Imam Syafi'i mendapatkan izin dari gurunya, Muslim bin Khalid Az-Zanji untuk berfatwa. Setelah itu Imam Syafi'i pergi ke Madinah untuk belajar fiqih dari Imam Malik bin Anas hingga Imam Malik wafat tahun 179H. Imam Syafi'i pun kemudian belajar kepada Sufyan bin 'Uyainah.


Motivasi belajar yang begitu kuat membuat Imam Syafi'i memutuskan untuk menggadaikan rumahnya seharga 16 dinar untuk bekal menuntut ilmu ke Yaman. Ternyata bekalnya tak cukup, Imam Syafi'i pun bekerja untuk membiayai hidup selama menuntut ilmu di Yaman.


Imam Syafi'i belajar dari ulama-ulama disana, diantaranya Ibnu Abi Yahya. Ketika itu, disaat pemerintahan Khalifah Harun Al-Rasyid terjadi fitnah 'Alawiyyin yang mengakibatkan seluruh 'Alawiyyin terusir dari Yaman termasuk Imam Syafi'i.


Rombongan 'Alawiyyin dibawa ke Irak denga diikat dan disiksa. Keluar dari penjara Irak, Imam Syafi'i kembali belajar dari para ulama-ulama disana seperti Imam Muhammad bin Al-Hasan.


Ketika pemerintahan Al-Makmun yang dikuasai oleh para ulama ahli kalam dan merebak banyak bid'ah, Imam Syafi'i pergi ke Mesir dan membuka halaqah di Masjid Amr bin Al-'Ash.


Guru dan murid...
Imam Syafi'i mengambil ilmu dari para ulama di berbagai tempat misalnya di Mekkah, Madinah, Kufah, Bashrah, Yaman, Syam, dan Mesir. 


Beberapa ulama yang menjadi guru menurut Imam Al-Baihaqi adalah :
  • Imam Sufyan bin Uyainah
  • Abdurrahman bin Abu Bakar bin Abdullah bin Abu Mulaikah
  • Ismail bin Abdu Ilah Al-Muqri
  • Muslim bin Khalid Az-Zanji
  • Imam Malik bin Anas
  • Abdul Aziz bin Muhammad Ad-Darawirdi
  • Ibrahim bin Sa'ad bin Abdurrah
  • Muhammad bin Ismail Abu Fudaik
  • Hisyam bin Yusuf Al-Shan'ani
  • Mutharrif bin Mazin Al-Shan'ani
  • Waki' bin Jarrah
  • Muhammad bin Hasan Al-Syaibani



Murid-murid Imam Syafi'i :



  • Rabi' bin Sulaiman bin Abdul Jabbar, tokoh hadits dan fiqih, menjadi syaikh muazzin di masjid Fusthath
  • Abu Ibrahim Ismail bin Yahya bin Ismail bin Amr bin Muslim Al-Muzani Al-Mishri
  • Abu Yaqub Yusuf bin Yahya Al-Mushri Al-Buwaithi
  • Imam Syafi'i pernah bertemu dengan Imam Ahmad bin Hambal dan saling mengambil ilmu antar keduanya.



Karya tulis...

  1. Kitab Al-Umm, kitab fiqih yang terdiri dari empat jilid berisi 128 masalah dan terbagi kedalam 40 bab lebih
  2. Kitab Al-Risalah Al-Jadidah, Kitab ini dianggap sebagai induk kitab ushul fiqh yang terdiri dari satu jilid besar yang sudah di-tahqiq oleh Ahmad Syakir.
  3. Selain yang dua ini ada beberapa kitab yang dinisbahkan kepada beliau diantaranya kitab Al-Musnad, As-Sunan, Ar-Rad'ala Al-Barahimiyah dan Mihnatu Imam Als-Syafi'i.

Wafat...
Setelah mengalami penyakir wasir yang menyebabkan keluar darag terus menerus, Imam Asy-Syafi'i wafat pada akhir bulan Rajab tahun 204 H dan dimakamkan di Mesir. Semoga Allah meridhoinya dan melapangkan jannahnya. Wallahu 'Alam.


Makam Imam Syafi'i




Reference :



__next part : Dasar-Dasar Imam Syafi'i Menetapkan Kaidah Aqidah


Share/Bookmark

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial