Minggu, 06 Februari 2011

The Diary : A Journey to Become a Moslem Doctor

Karya Angkatan I Pend.Dokter UIN Jkt

  • Judul :                                                                           The Diary "A Journey to Become a Moslem Doctor"
  • Penulis :                                                                 Angkatan 2005 PSPD UIN Jakarta
  • Tebal  :                                                                            xvii + 123 Halaman
  • Penerbit :                                                                       eL-Kahfi


Sebuah karya dari angkatan pertama pendidikan dokter UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebuah karya yang menunjukan komitmen tegas dari para pelakunya. Ya, pelaku dalam buku ini adalah mahasiswa-mahasiswa kedokteran yang diakhir studi pendidikan dokternya masih sempat untuk mempersembahkan sebuah kontribusi yang bisa memacu semangat dari angkatan-angkatan pendidikan dokter dibawah mereka khususnya, mahasiswa kedokteran manapun, dan umumnya bagi masyarakat luas.



Kesan pertama ketika melihat buku ini adalah simple dan tipis. Seperti tidak merepresentasikan perjalanan panjang sebuah diary mahasiswa angkatan pertama. Namun setelah membacanya Saya merasa bahwa buku ini memberikan suatu spirit pada diri saya bahwa perjuangan untuk menjadi seorang dokter muslim itu tidaklah mudah dan penuh dengan cobaan.

Sebuah Generasi diingat melalui karyanya! pspd2005 telah membuktikannya...
Saking beratnya sebuah kata dari "Dokter Muslim" maka 'nampaknya ya^^' dibuatlah dalam buku ini satu Bab penuh mengenai 'Modul Dokter Muslim' yang menjadi ciri khas pendidikan dokter di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Nah, beratnya kata ini segera tergambarkan dari kisah-kisah yang dipaparkan pada Bab selanjutnya dalam buku ini. Dan tentunya semua itu harus menjadi pelajaran bagi setiap mahasiswa kedokteran 'muslim' untuk selalu menjaga identitas keislamannya.

Kisah kisah yang ada dalam buku ini luar biasa. Dari kesemuanya saya tertarik pada kisah "Bule Masuk Islam" dan "Snelli Berdarah". Kedua kisah yang patut kita renungi apakah kita bisa berbuat seperti itu bahkan lebih?

In the short, saya sangat bangga punya angkatan pertama yang punya banyak prestasi dan karya. Salah satunya adalah buku "The Diary" ini. Semoga adik-adikmu yang masih bergelut di pre-klinik dan coass bisa meniru dan terus berusaha lebih baik dari kalian kakaku pspd2005!^^

Ayo! pspd2009 pasti bisa juga buat karya fenomenal!^^
__________________________________________________________
Pradipta Suarsyaf / PSPD 2009
Medical Student - FMHS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Share/Bookmark

2 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial