Selasa, 17 Maret 2009

PRADIPTA SUARSYAF

Salam perjuangan untuk kita semua!^^        ...updated 18 Feb 2015

Perkenalkan nama saya Pradipta Suarsyaf. Suatu nama yang unik yang menjadi anugerah bagi saya pribadi. Bagaimana tidak, nama ini mungkin satu-satu nya yang ada di dunia. Saya akan sangat berterimakasih kalau saja ada dari sahabat yang menemukan orang yang namanya sama persis dengan saya. Hal inilah yang secara tak langsung dan tak sadar membentuk paradigma berfikir saya untuk melakukan hal yang tak biasa dilakukan orang , melakukan hal-hal yang 'aneh', dan cenderung selalu berfikir inovatif kreatif.


Saya bersyukur setelah sekian lama hidup di dunia akhirnya saya tahu arti nama saya. Walau sejak lama saya tahu kalau nama saya berasal dari bahasa Sansekerta, namun saya belum mengetahui arti sebenarnya dari nama saya. Adalah teman saya yang tak mau disebut namanya yang akhirnya memberitahu arti penting "Pradipta Suarsyaf". Pra bisa berartikan 'yang pertama' / 'ber' jika dipadankan dengan 'dipta' yang berarti 'cahaya', jadi bisa disimpulkan kalau arti Pradipta adalah 'bercahaya' ^^ dan setelah ditelusuri ternyata Pradipta juga berarti 'tampan' (aaamiin... owalah..baiknya mamah dan papah..). Sedang kata 'Suarsyaf' sampai saat ini belum saya ketahui artinya. Hanya kata inilah yang membuat saya unik dibandingkan dengan pradipta-pradipta lainnya. :)


Saya lahir di bumi Allah kota asri Sukabumi Jawa Barat tepatnya pada 16 Safar 1411 Hijriyah / 6 September 1990. Dari tempat lahirnya bisa ditebak kalau saya ini urang Sunda. Saya dibesarkan dalam keluarga yang harmonis dan bahagia. Papa saya seorang Minang Asli, pemikir Islam, dokter muslim & seorang inspirator dalam hidup saya. Beliau bernama dr. Suarsyaf Adnanur. Mama seorang Sunda Asli, seorang Ibu yang luar biasa hebat, sabar, dan ikhlas dalam mendidik anak-anaknya. Beliau bernama Elita Andi. Saya anak pertama dari enam bersaudara. Saya memiliki cita-cita sejak kecil untuk menjadi dokter yang lebih baik dari papa saya. Adik saya yang pertama calon arsitek sukses, M. Hanif Al-Farisi S, saat ini sudah menyelesaikan skirpsinya di Teknik Arsitektur Universitas Gunadarma Jakarta, tinggal menunggu wisuda, alhamdulillah., . Adik saya yang kedua calon dokter muslim selanjutnya, Hani Zahiyyah S, kuliah di pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (UNILA). Adik saya yang ketiga, M. Hasbi A.S kuliah akuntansi di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Selanjutnya dua adik saya yang mungil, Hana Zakiyyah S sekarang sekolah kelas IX SMP Negeri 4 Cianjur & M. Haidar Al-Faruq S kelas VI SD Negeri Ibu Dewi I Cianjur.


Lebaran 1432 Hijriah / 2011
Hanif ; Papah ; Mamah ; Hani ; Hasbi
Haidar ; Bunda (nenek saya tercinta) ; Hana
Lebaran 1433 H / 2012
Lengkap ! Mama Papa & 6 Orang Anaknya ^_^
Lebaran 1435 H / 2014
28 Juli 2014 Hari Resmi Hari Besar Bagi Saya Pribadi @ Bogor

... Periode 1994-2002


Merlion Singapore (2010)
Saya sendiri mengawali pendidikan sejak belia. Pendidikan formal yang pertama kali saya jalani adalah belajar di TK Persatuan Islam (PERSIS) Cianjur selama 2 tahun. Lalu ketika usia saya baru 5,5 tahun saya masuk SD Negeri Ibu Jenab I Cianjur. Orangtua saya mendidik saya untuk bisa melakukan berbagai hal, walaupun nampaknya saya sering mengabaikannya. Sejak TK-SD saya digembleng baca Al-Qur'an dari mulai Iqro sampai akhirnya saya khatam Al-Qur'an plus khatam Buku Tajwid karangan Ust. Abdul Azis Abdul Rauf. Senangnya bukan main bisa menamatkan membaca Al-Qur'an. Saya sudah mengenal komputer desktop sejak SD. Dan percaya atau tidak, saya sudah mulai membaca majalah komputer CHIP sejak SD. Membaca walau tidak mengerti, sampai menyusun komputer idaman dari spesifikasi yang saya susun sendiri mulai dari motherboard, RAM, Graphic-Card, Proccesor, dsb berdasarkan daftar harga komponen komputer yang ada di majalah tersebut. Sampai komputer saya rusak karena saya utak-atik software-nya, seenaknya install program & game sesuka hati, wajar karena waktu itu saya tidak tahu kalau komputer itu ada batas size pada harddisk-nya. Selain itu saya menjalani masa kanak-kanak sama seperti teman sebaya lainnya, bermain sepak bola di Alun-Alun Cianjur, Main Klereng (alias Gundu), dll. Saya bahagia karena pada periode ini saya alhamdulillah menuliskan tinta emas dalam sejarah SD Negeri Ibu Jenab I Cianjur yaitu Juara I Lomba Melukis & Juara Lomba Tingkat Pramuka Se-Kecamatan Cianjur.


... Periode 2002-2008


Lulus dengan memuaskan dari SD, Papa saya mendorong saya untuk melanjutkan belajar ke Jakarta! Ini adalah sebuah dilema luar biasa bagi si kecil Dipta. Namun selanjutnya Papa memberikan pilihan pada saya untuk tetap melanjutkan sekolah di Cianjur atau tetap sesuai dengan keinginannya 'merantau' ke Jakarta. Dan... saya pun memutuskan untuk mengikuti saran Papa untuk melanjutkan sekolah di SMP Islam Terpadu Al-Hikmah Jakarta. 
Angkor Wat - Siem Reap, Cambodia (2012)
Inilah pertama kali dalam hidup saya 'merantau' keluar kota. Tidak main-main, saya langsung merantau ke Jantung-nya Indonesia, Ibu Kota Jakarta. Tentunya Papa dan Mama kala itu telah mempertimbangkannya secara matang menyekolahkan anaknya nun jauh di Jakarta. Dan saya pun percaya. Dan kepercayaan itu benar-benar saya rasakan manfaatnya. Di lingkungan sekolah inilah saya benar-benar mengenal Islam. Disinilah saya banyak berkenalan dengan orang-orang luar biasa. Disini anak-anak kecil yang sudah banyak hafalan Al-Qur'an-nya, dari berbagai penjuru Indonesia berdatangan ke Al-Hikmah untuk belajar Al-Qur'an dan setiap tahun Al-Hikmah menghasilkan puluhan hafidz dan hafizdah yang siap menjaga kemurnian Al-Qur'an. Dan oleh sebab itulah saya di-rantau-kan ke Al-Hikmah agar belajar dan menghafal Al-Qur'an. Di SMP IT Al-Hikmah inilah pertama kalinya saya memimpin suatu organisasi. Saya diamanahkan menjadi Ketua OSIS. Dan program kerja besar yang saat itu dilaksanakan adalah "Workshop Penulisan Fiksi Islam".

Dengan nilai akademis yang cukup baik saya selanjutnya meneruskan sekolah di SMA Negeri 28 Jakarta. Sebelumnya saya tidak tahu menahu tentang SMA Negeri 28 ini, namun berbekal info bahwa ada kakak kelas di SMPIT Al-Hikmah yang masuk kesana, maka saya memutuskan untuk melanjutkan kesana. Disinilah paradigma dan pola berfikir saya benar-benar mulai terbentuk seiring dengan aktifnya saya diberbagai kegiatan terutama di Rohani Islam (Rohis). Hingga sekarang silaturahim antar alumni Rohis tetap terjaga dalam sebuah ikatan angkatan yang bernama "Syaja'ah" yang berarti Berani dalam Bahasa Arab. 

Dan sejak vakum tidak berprestasi di SMP, barulah di SMA ini saya seperti mendapat 'dorongan' kembali berprestasi dan dorongan itu banyak datang dari guru saya di SMA ini. Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Suhartoyo, Bu Masamah, Pak Dwi Arsono dan tentunya semua guru SMAN 28 Jakarta.

Alhamdulillah selama SMA saya berhasil mendapatkan :


1. Juara Harapan I MTQ Putra Se-Kodya Jakarta Selatan, 2006
2. Juara II Lomba Sain BMG – PPIPTEK TMII Jakarta, 2007
3. Juara III Kuis Fisika Universitas Pancasila – Surya Institute Jakarta, 2007


... Periode 2008-2014


Setelah menuntaskan studi di SMA saya berkesempatan kuliah di Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung selama satu tahun. Banyak pelajaran yang saya dapatkan selama menuntut ilmu disana, dari mulai akademis-nya sampai dengan organisasi. Sampai saat ini saya mengakui bahwa organisasi di ITB merupakan organisasi dengan keorganisasian yang jelas dan baik, dan saya bangga pernah kuliah disana. Saya juga mengenal Gamais sebagai sebuah keluarga. Dan melalui Gamais pulalah saya banyak mengenal orang-orang hebat yang selalu saya jadikan panutan hingga saat ini. Blog ini pun merupakan cita-cita saya yang didasari dari banyak-nya orang-orang sukses yang menuliskan langkah sukses hidupnya dalam blognya, sehingga siapapun dapat belajar dan mengambil hikmah dari kesuksesan tersebut. Saya sebut saja blog Kang Yusuf (Mantan Kepala Gamais 2008 & KM ITB 2009), blog Kang Ryan (Sospol KM ITB), & blog Kang Danang (Mapres Indonesia 2007 - IPB).

Setelah satu tahun saya menempa ilmu di ITB saya memutuskan hengkang dari sana. Saya memutuskan untuk terus memperjuangkan cita-cita saya menjadi seorang dokter. Dan saya tidak kecewa harus meninggalkan ITB karena saya telah menorehkan pahatan kesuksesan saya disana. Alhamdulillah selama satu tahun di ITB saya mendapat :


1. Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah – Tahap Persiapan Bersama ITB, 2009 dengan judul “Pemanfaatan Alga dan Plankton Sebagai Sumber Energi Alternatif”

2. Juara I Lomba Artikel Semi Ilmiah – Fusion FMIPA ITB, 2009 dengan judul “Pemanfaatan Mikroalga dan Fitoplankton Sebagai Sumber Energi Alternatif”

dan alhamdulillah, tulisan saya dimuat di media massa selama kuliah di ITB :

1. “Dinantikannya Peran Mahasiswa Muslim” dimuat 12 Februari 2009
2. “Kembali ke Sistem Kaderisasi Rasulullah” dimuat 16 Maret 2009

Keduanya dimuat di Kolom Suara Pemuda dan Mahasiswa Eramuslim - www.eramuslim.com


Saya pun melanjutkan kuliah di Program Studi Pendidikan Dokter UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dengan semangat baru saya ingin banyak mencatatkan sejarah di kampus peradaban ini. Saya mulai dengan banyak menguak biografi orang sukses dan saya tertarik dengan seorang Danang Ambar Prabowo (Mahasiswa Berprestasi Indonesia Th. 2007). Beliau menuliskan 100 Target Hidupnya dan kini tulisannya tersebut telah dipenuhi coretan, coretan bahwa beliau telah mencapai ke-100 Target Hidupnya. Mulai dari sana saya terus termotivasi untuk mengikutinya, saya buat 100 Target Hidup saya, dan alhamdulillah dari 100 Target tersebut kini telah cukup banyak target yang terealisasi. Saat ini saya sedang berjuang menuntaskan target yang belum tercapai dan beranjak untuk berjuang mencapai 100 target hidup selanjutnya.

Selama kurun waktu 2009-2010 aktivitas dan pahatan kesuksesan saya :


1. Ketua Angkatan Syaja'ah 2008 – Rohis 28 Jakarta, 2009-2010
2. Ketua Divkominfo – PSPD 2009 UIN Syahid Hidayatullah Jakarta, 2009-2010
3. Staff Ahli – Departemen Syiar Mabit Nurul Fikri Jakarta, 2009
4. Staff Departemen PPSDS – KALAM SMAN 28 Jakarta, 2010
5. Ketua Ikatan Alumni SMPIT Al-Hikmah Jakarta, 2010-Sekarang
6. Pendiri & Direktur www.meduincore.com (Under Construction), 2010-Sekarang
7. Staff Divisi Kajian & Strategi BEMJ Pend. Dokter FKIK UIN SH, 2010-Sekarang
8. Ketua Departemen PSDM KOMDA FKIK UIN SH, 2010-Sekarang
9. Sekretaris Standing Committe of Medical Education (SCOME) - CIMSA UIN-SH Jakarta, 2010-Sekarang
10. Ketua Delegasi Kedokteran UIN-SH - Muhibah IIMA Singapura - Malaysia, Okt 2010


Dan sampai saat ini alhamdulillah telah menorehkan beberapa pahatan kesuksesan di kampus peradaban ini : 

1. Beasiswa DIPA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010
2. Juara I Lomba Karya Tulis Kesehatan Islam II FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta – Poltekkes Jakarta, 2010
3. Runner up – Mahasiswa Berprestasi FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011
4. Semifinalis Lomba Karya Tulis Kesehatan Islam III FKIK UIN Syarif HidayatullahJakarta – Poltekkes Jakarta, 2011


Saya baru saja menyelesaikan penelitian mengenai "Pengaruh Terapi Bekam Terhadap Perubahan Skala Nyeri Pada Pasien Non-Spesific Low Back Pain di Rumah Sehat Afiat Tahun 2012" sebagai salah satu syarat mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Penelitian yang saya selesaikan bersama dengan pembimbing Dr. dr. Syarief Hasan Luthfie, Sp.KFR dan dr. Fika Ekayanti, M.Med.Ed ini alhamdulillah telah dipresentasikan dalam sidang skripsi pada Senin, 17 September 2012, dan dinyatakan lulus oleh tim penguji dr. Achmad Zaki, M.Epid, Sp.OT dan dr. Ahmad Azwar Habibi, M.Biomed.


Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu saya banyak mendapatkan pelajaran akan arti penting dari sebuah kehidupan. Walaupun terkadang apa yang Saya alami tidak sesuai dengan keinginan Saya, tetap saja apa yang dipersiapkan / direncanakan Allah lebih baik. Kehidupan saya di tingkat 2 Pendidikan Dokter dipenuhi dengan banyak kegiatan. Bedanya dengan tingkat 1, sekarang saya mendapat pengalaman lebih dalam berorganisasi baik di tingkat Nasional maupun di Tingkat Internasional.


Berikut adalah amanah yang pernah saya emban :
1. Ketua Forum Mahasiswa Dokter Muslim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2. Coordinator of Islamic Health Community of Indonesia-Malaysia, Student Chapter
3. Wakil Ketua BEM Prodi Pendidikan Dokter UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2012-2013


Semoga dari setiap amanah ini bisa bermanfaat bagi banyak orang dan memberikan manfaat juga bagi saya dalam memperluas silaturahim baik di Indonesia maupun di dunia.

...dunia koas

Terhitung sejak 12 November 2012, Saya menjalani dunia baru "dunia koas". Stase pertama yang saya masuki adalah stase obstetrik ginekologi RSUP Fatmawati (catatan koas obsgyn [1][2][3]), kemudian stase minor anestesi RSUP Fatmawati (catatan koas anestesi [1][2][3]). Keseluruhan saya telah menyelesaikan 14 stase kepaniteraan klinik program pendidikan dokter umum. InsyaAllah saya akan Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) pada Mei 2015. Untuk selanjutnya saya akan pengabdian internship selama 1 tahun.


...manifestasi hidup untuk berkarya

Sejak akhir tingkat dua saya mulai memikirkan suatu hal yang nampaknya jarang mahasiswa lakukan, bahkan dosen sekalipun. Ya, menulis... Banyak orang pintar tapi tak pandai menyampaikan dalam tulisan. Diperiode ini saya mulai semakin banyak membaca buku. Karena saya yakin bahwa banyaknya kita menulis berbanding lurus dengan banyaknya kita membaca. Oleh karena itu saya mencanangkan sebuah mimpi besar sebagai manifestasi hidup itu untuk berkarya. Saya ingin menulis dan me-launching dua buku sebelum saya lulus menjadi dokter. Buku yang pertama insyaAllah terbit sebelum koass (saat ini sedang digarap bersama tim yang saya bentuk) dan yang kedua insyaAllah terbit setelah koass (saat ini baru selesai konsep dasarnya).

...saya suka bertualang
Batutumonga, Tana Toraja Sulsel (18 Januari 2014)

Entah karena darah minang mengalir dalam diri ini, Saya punya mimpi untuk mengunjungi berbagai tempat yang menarik dan punya sejarah terutama terkait pendidikan, budaya, dan Islam. Sampai saat ini saya baru mengelilingi sumatera kecuali Aceh (2010), Jawa, dan Bali. Saya punya mimpi untuk bisa mengunjungi Kalimantan, Sulawesi, dan juga Raja Ampat di selatan Papua sana. Pada Januari 2014 saya mewujudkan mimpi saya ke Sulawesi Selatan, tepatnya backpacking ke Makassar & Tana Toraja. 

Alhamdulillah Saya sempat backpacking ke Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura (2012), dan Jepang (2011). Semoga saya berkesempatan mengunjungi bumi Allah yang lain dan bertemu dengan ciptaan-Nya disana, sehingga saya mengerti dan memahami mengapa Allah menciptakan manusia bersuku-suku, berpasang-pasangan, dan beraneka ragam khas budayanya. 


@ Ootori(大鳥)Gate (2011) Japan

... Periode 2015-2020

... Masa Depan Pendidikan
Rencana hidup saya di masa depan, saya akan melanjutkan jenjang pendidikan sampai mendapat salah satu dari ketiga gelar berikut : gelar Spesialis Kedokteran Nuklir Padjajaran University  atau gelar Master of Public Health dari The Bloomberg School of Public Health - Johns Hopkins University di Amerika Serikat / School of Public Health - Tokyo University Jepang atau gelar Master of Business Administration SBM Institut Teknologi Bandung. Dan selanjutnya meraih gelar Ph.D di Universitas Leiden Belanda. Atau setelah lulus kedokteran Saya langsung ambil program Doktoral di Graduate School of Medicine - Jichi Medical University, Jepang. Sebenarnya saya belum mengkaji secara spesifik mengenai universitas-universitas diatas kecuali ITB. Semoga bisa memicu semangat dan semua dapat tercapai dengan baik! Amin^^


... Pasangan Hidup
Umroh 9-17 Maret 2015
Selain pendidikan Saya fikir memiliki pasangan hidup adalah sebuah mimpi yang juga harus direalisasikan pada periode ini, Saya tuliskan "Memiliki Pendamping Hidup Ba'da Lulus Jadi Dokter" :). Saya berpegang teguh pada Al-Qur'an yang menyatakan bahwa : "wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)" (An-Nur : 26) dan juga sunnah yang menganjurkannya. Sehingga usaha Saya saat ini adalah menjadi sebaik-baiknya laki-laki muslim dan berusaha memantaskan diri untuk seseorang wanita sholehah yang pantas bagi Saya menurut Allah SWT. Dan selanjutnya 'kami' bisa melanjutkan perjuangan untuk mencapai mimpi bersama-sama :)

Satu hal yang tak banyak orang mengerti adalah bagaimana usaha mendapatkan pasangan hidup. Dan saya meyakini bahwa kisah pasangan manusia yang hidup di dunia ini berbeda-beda. Saya mensyukuri apa yang sudah terjadi dan sebuah proses terus berlangsung, bukan tanpa tujuan dan saya tak main-main dalam hal ini. Mimpi yang saya tulis diatas adalah salah satu mimpi terbesar saya. Jelas saya akan mempersiapkannya sebaik mungkin dengan jalur yang disiapkan Allah.

Banyak pelajaran ketika ingin menyatukan dua keluarga besar dengan latar belakang yang berbeda lewat sebuah tali perkawinan. Sehingga tidak semua jalan yang ditempuh setiap pasangan adalah sama. Sehingga saya meyakini bahwa ini lah jalannya yang akan segera terealisasi dalam waktu dekat insyaAllah.

Alhamdulillah, saya telah menikah dengan Husnita Thamrin pada 4 Januari 2015 (akad nikah) dan 11 Januari 2015 (resepsi) lalu. Sebuah perjalanan panjang, sebuah proses tahap demi tahap terlewati, hingga akhirnya Allah anugerahi pada kami berdua sebuah hubungan tali yang sangat kuat dalam suatu pernikahan Semoga Allah membarikan karunianya, keberkahannya, dan juga nikmatnya bagi keluarga ini sehingga keluarga ini menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, yang kemudian melahirkan anak-anak yang sholeh dan sholehah, cerdas, sehat, menjadi pejuang agama Islam dan bangsanya, Indonesia. (www.nitadipta.in)


... Mimpi Besar
Selanjutnya saya berencana untuk mendirikan Rumah Sakit Islam dan Sekolah di daerah bersama adik-adik saya. Ini impian Saya : Dua orang dokter muslim (Saya & Hani), satu orang arsitek muslim (Hanif),  satu orang ahli IT muslim (Hasbi), satu orang guru muslim (Hana), dan satu orang polisi muslim (Haidar) saya rasa cukup untuk membuat tim yang solid untuk mengkoordinir semuanya. Dan tentu saja semua mimpi ini harus dikembalikan kepada Sang-Khalik Allah SWT, dan juga demi kemaslahatan ummat.

Walaupun semua ini masih jauh, namun saya yakin bisa membuatnya menjadi dekat!

Berikut Curriculum Vitae Saya : Pradipta Suarsyaf  / lihat dibawah :)


4 Ramadhan 1431 Hijriah  


CV Pradipta Suarsyaf (Update 9mei2012)  
Hubungi Pradipta Suarsyaf disini :
==========================
Ph. 08578 234 0 567
Facebook : Pradipta Suarsyaf ; Twitter : dip_suarsyaf
Email : stronguardian[at]gmail.com | deepmoslem28[at]yahoo.com
Chat langsung disini : (Status YM!)


Share/Bookmark

29 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar...

 
© Copyright by Good is the enemy of Great  |  Template by Blogspot tutorial